Berbagi Informasi Keren, Tips dan trik, Android tutorial, Desainer Keren, Desain Grafis, dll

Sering Charge Smarphone Melalui Laptop Ini Bahayanya !

Setelah sebelumnya kami telah membagikan artikel dengan judul Tips Mencharge Smartphone yang benar pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bahaya yang dapat di timbulkan apabila kita sering menggunakan laptop sebagai charger. Dewasa ini hampir semua smartphone yang beredar di pasar sudah bisa menggunakan universal charging. Karena sekarang port USB dapat juga berfungsi sebagai media penyalur arus listrik kepada smartphone, Tapi apakah anda tau dampak jangka panjang apa bila kita sering menggunakan laptop sebagai charger? Mari kita simak penjelasan dari guengibadSimak dengan baik ya.
Sering Charge Smarphone Melalui Laptop Ini Bahayanya !
Sering Charge Smarphone Melalui Laptop Ini Bahayanya !
Pada dasarnya USB (Universal Serial Bus) pada umumnya mengeluarkan daya sebesar 5 volt, namun tidak semua USB mengeluarkan daya yang sama. Secara umum charger USB smartphone mengeluarkan arus sebesar 0,8 Ampere - 2 Ampere. Dan pada USB laptop hanya mengeluarkan arus sebesar 0,5 Ampere saja. 

Ketika kita mencharge smartphone menggunakan laptop durasi charging kita menjadi lebih lama karena arus yang di keluarkan oleh laptop lebih kecil ketimbang USB charger. Apakah hal ini dapat merusak Smartphone kita? Jawabannya tidak. Pabrikan sendiri menyarankan bahwa setidaknya kita mencharge smartphone menggunakan laptop paling tidak seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terburuk yang akan terjadi yakni batrei smartphone kita menjadi lebih cepat rusak.

Karena fungsi utama USB pada laptop dipergunakan untuk transfer data, koneksi data maupun sinkronisasi. Bukanlah sebagai media charging. Hal yang sama juga berlaku untuk powerbank, powerbank bukanlah alat utama charging. Powerbank seharusnya hanya di gunakan apabila dalam keaadan mendesak sewaktu smartphone kehabisan daya dan tidak ada sumber listrik selain powerbank. Dan hal ini di perburuk dengan kebiasaan kita apabila smartphone belum terisi penuh kita mencabutnya dari sumber listrik.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan tentang bahaya yang timbul apabila kita sering mencharge smartphone melalui Laptop. Semoga dapat membantu pembaca sekalian dalam merawat smartphone.
0 Komentar untuk "Sering Charge Smarphone Melalui Laptop Ini Bahayanya !"

Back To Top